Ribuan SD di Bangkalan tak tersentuh pembangunan



Bambang Budi Mustika
Bangkalan,  Sebanyak 671 lembaga Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Bangkalan, Madura, hingga kini masih ada ribuan ruang kelas yang belum tersentuh rehab pembangunan, sehingga menyebabkan para siswa dan guru kelimpungan saat musim penghujan tiba. Pasalnya, banyak atap ruang kelas yang sudah tidak layak dan bocor.
“Ruang kelas Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bangkalan ada 4.078 dari 671 lembaga sekolah, namun yang belum tersentuh pembangunan hingga tahun 2010 masih ada 1.615 ruang kelas yakni masih tersisa 39,6 persen,” terang Bambang Budi Mustika, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Rabu (26/10/2011)

Sebab Menurut Bambang, pada tahun 2010 lalu Kementerian Pendidikan mengalokasikan DAK hanya untuk peningkatkan mutu dengan pembangunan ruang perpustakaan dan Bangkalan sudah membangun perpus sebanyak 122 lembaga.

“Program Kementerian Pendidikan tahun 2010 lalu yang dikerjakan tahun 2011 ini fokus pada peningkatan mutu sekolah yang ada di sekolah dasar, yakni dengan pembangun gudung baru perpustakaan,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, sedangkan untuk 2011 yang akan dilaksanakan tahun 2012 mendatang akan membangun ruang Perpus sebanyak 134 lembaga dan membangun ruang kelas baru sebanyak 36 ruang kelas untuk 16 lembaga.

“Selain itu di tahun 2011 yang akan dilaksanakan tahun 2012 itu juga akan merehab sekolah yang rusak sedang dan berat sebanyak 142 ruang yang dialakokasikan untuk 49 lembaga, dan itu kalau sudah terlaksana maka persentase ruang kelas yang belum tersentuh menjadi 3,6 persen” ujarnya.

Ditambahkan Bambang, sekolah yang belum tersenutuh pembangunan tersebut rata-rata tanahnya masih banyak yang bersatatus sengketa dan bermasalah sebanyak 20 persen dari jumlah lembaga yang ada dan pihaknya menargetkan akan dilaksanakan tuntas pada 2012 mendatang sesuai dengan komitmen dan program dari Menteri Pendidikan Nasional.

“Sementara waktu kami mengutakan sekolah yang tidak bermasalah dulu, meski ada tanah yang bermasalah tapi tidak di permasalahkan oleh pemilik lahan, untuk tahun 2011 ini ada dua sekolah lahannya yang bermasalah dan dipermasalahkan,” pungkasnya


ori post : http://www.seruu.com/kota/regional/artikel/ribuan-ruang-kelas-sd-di-bangkalan-tak-tersentuh-pembangunan

Posting Komentar untuk "Ribuan SD di Bangkalan tak tersentuh pembangunan"

close