alasan-mengapa-orang-madura-diidentikkan-dengan-kekerasan

Paradigma yang salah tentang orang Madura yang diidentikkan dengan kekerasan, masih melekat dalam benak insan tanah air. Padahal tidak ada fakta konkret tentang hal itu yang bisa secara gamblang menjelaskan bagaimana sebenarnya watak orang Madura. Banyak hal yang mempengaruhi pandangan mereka tentang masyarakat Madura. Mari kita ulas satu-persatu.


Karena Madura merupakan daerah yang panas dengan alam yang gersang dan kering, menyebabkan orang-orang Madura mempunyai type pekerja keras, sederhana, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Hal ini menyebabkan orang-orang Madura marah ketika ada sumberdaya alam yang terbuang percuma dan mereka sungguh sangat menyesal ketika tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik.
Karena Madura terkenal dengan “Carok”. Carok sebenarnya berasal dari kebiaasaan yang disalah tafsirkan oleh orang-orang sebagai budaya Madura. Carok dipicu oleh permasalahan yang bersangkutan dengan “harga diri”, “masalah harta terutama tanah”, dan “istri”. Jika ada salah satu dari ketiga hal ini dialami oleh warga Madura “kuno”, maka meletuslah carok. Carok pada dasarnya berkelahi menggunakan senjata tradisional Madura yaitu “celurit”. Kedua orang ini bersaing untuk saling melukai, dan pada saat ada salah satu yang telah terluka maka selesailah carok tersebut. Mereka tidak melanjutkan carok ketika ada salah satu yang terluka, mereka tidak sampai hati membunuh musuh yang telah terluka. Namun sebagian besar orang yang terluka karena carok akan mati. Saat ini sudah jarang dan bahkan sudah tidak ditemukan lagi di Madura, sehingga sudah tidak dibenarkan apabila Madura masih diidentikkan dengan carok.
Karena latar belakang orang Madura adalah pelaut dan wilayah Madura dikelilingi laut serta mayoritas masyarakat Madura yang merantau ke daerah-daerah lain berada di pesisir sehingga apabila mereka berbicara selalu nyaring karena harus melawan kerasnya terpaan angin laut. jika mereka tidak berbicara dengan keras, maka kemungkinan apa yang mereka bicarakan tidak akan terdengar oleh lawan bicaranya.

Posting Komentar untuk "alasan-mengapa-orang-madura-diidentikkan-dengan-kekerasan"

close